Sweet Escape to Hongkong Day 1

Saturday, June 14, 2014

29 Mei 2014
Finally arrived in Hong Kong International Airport at 10:30am (HK is one hour ahead of Jakarta). Senengnya ampun-ampunan! Setelah perjalanan yang super lamaaa karena transit dulu di Singapur hampir 4jam lebih hahaha. Tumben banget nih ya, ini baru pertama kalinya aku bisa tidur pules di pesawat, dari pesawat belum take off sampe landing! LOL ini capeknya super cool pokoknya. Ga ada yang ngalahin lah hahahaha tapi seru.

(mukanya lepek banget, untung ngeblur)


Turun pesawat ga langsung masuk ke dalam bandaranya, tapiii naik shuttle bus dulu which is butuh lebih dari 5 menit untuk sampai ke area arrival dan imigrasinya zzzzzzzz. Setelah kelar semuanya, kita dikasih travel document number di dalam passport kita. Isinya itu kayak  Izin untuk stay di Hong Kong selama beberapa minggu. Nah karena kertasnya itu kecil, kamu wajib tempel di dalem passport kamu pake staples! Jangan sampe hilang, kalau hilang bisa runyam.

Dan tau ga, ada kejadian! Begitu bisa nafas lega sedikit, ada salah satu anggota dari group kita yang ketinggalan handphone dan powerbanknya di pesawat. Anak kecil sih, jadi wajar suka ceroboh kalo megang hp hahaha. Trus aku bantu urus kesana-kesini sampe akhirnya aku disuruh ke lost & found department di Shop 088, Level 5, Terminal 2 (non-restricted areas)! Ohemjiii jauh bingiiiit, tapi ya gapapa lah itung-itung biar tau juga kan ya hehe. Tapi ternyata prosedurnya sama aja kayak di Indonesia. Ribet! Akhirnya ya kita suruh ikhlasin aja hahaha.


Akhirnya kita semua lunch dulu di McD, ohemji ini nih McD? Paling murahnya aja 35HKD, kalo dirupiahin sekitar idr 52,5k (1HKD = Rp. 1.500,-). Hmmm yaudah deh yuk kita makan! Eh btw, mcD di HK itu halal ga ya? LOL whateverrr makan aja lah yang penting kenyang. Biarpun lumayan agak sedikit mahal (maklum biasa makan pecel ayam) tapi enak banget loh ternyata. Nyamnyamnyam and btw french friesnya ga bikin lidahku lengket macem french fries mcD di Jakarta yang mungkin kebanyakan micin hahahaha.


Setelah kenyang, aku nemenin tour leaderku ambil duit dari atm di Hong Kong dan ternyata lebih aman begitu. Jadi ga perlu bawa uang dollar banyak-banyak dari Jakarta. Bawa atm aja, disana banyak atm OCBC, HSBC, CIMB apalagiiii. Dan kursnya palingan beda cuma berapa puruh perak doang dari Jakarta, kena pajaknya cuma sekitar 25k doang. Lebih aman kan?


Setelah itu lanjut cari Airport Express MTR (Mass Transit Railway) untuk beli octopus card. Octopus card itu kegunaannya sama kayak ezlink di Singapore lah, bisa untuk bus dan MRT (Mass Rapid Transit). Airport Express ini easy to find kok, begitu keluar terminal 1 ada di hall A&B, tepat di samping mcD hehehe.



Untuk harga kartu Octopus ini ada 2 yaitu:
  1. Adult (dewasa): deposit sebesar HKD 50,- dan untuk saldo kartu HKD 100,- total HKD 150,-
  2. Child (anak): deposit sebesar HKD 50,-, dan untuk saldo kartu HKD 20,- total 70 HKD
dengan ketentuan dewasa (adult) >=12 th dan anak 3 - 11 th.


Nah ini baru the real journey, cussss naik bus untuk menuju ke penginapan. Karena aku nginep di daerah Tsim Sha Tsui, Kowloon, kita naik busnya yang jurusan Hung Hom Station - A21 dan turun di Tsim Sha Tsui. Untuk naik busnya pastikan antri di antrian nomor bus yang kita tuju ya, jangan sampai salah! Di Hong Kong luar biasa banget untuk masalah antrian busnya, ga akan ada yang berani selip-selipan. Kalau ada yang berani, ati-ati "senggol bacok, masbro!"


Begitu masuk bus, langsung tap octopus cardnya di kotak yang tersedia begitu kita masuk ke dalam bus seperti ini nih:


(inside the bus)

Setelah hampir 30 menit dari bandara ke tsim sha tsui, akhirnya sampai jugaaaa. Lumayan strategis nih tempat penginapanku. Sebrangnya ada mosque yang super duper besar, trus gang sebelah kiri ada 711 dan mrt station, gang sebelah kanan ada mrt station juga dan mcD! Woohooo super strategis~


Penginapanku itu bukan hotel, tapi guest house. Namanya Yiufai guest house, alamatnya di Flat E 6fl, Gloden Crown Court, Nathan Road, Tsim sha tsui, Kowloon. Walau pun cuma guest house tapi aku dapet yang kamar mandi dalem dan super duper bersih dan nyaman banget. Ga dapet breakfast ya ga masalah, kan bisa cari hahahaha. Bisa sekalian kuliner kan? LOL


Setelah mandi trus sholat dan lanjut istirahat sebentar, sorenya aku jalan ke Avenue of The Stars dan ternyata deket banget dari tempat penginapanku.



Tinggal nyebrang 3kali, lalu lewat subway dan cusss langsung nemu avenue of the stars! Super kereeeeeeen~


You should know guys! It's such a very nice place and really beautiful, I'm so in love with the view.



Narcissism attack:


 Dari semua nama yang ada, yang aku tau cuma Jackie Chan sama Bruce Lee doang LOL!



Setelah itu aku sempet-sempetin beliin titipan temenku dulu, Starbuck Tumbler Hong Kong Version.


Asiknya kalo di Hong Kong, buy 1 tumbler get 1 free drink! Aku kurang tau kalo di negara lain gimana. Yang aku tau kalo beli 1 tumbler get free drink itu ya di HK sama Spore doang. Karena aku beli 2, otomatis minumnya juga 2 hihihihi. 1 buat mamiku, satunya buat aku deh. Aku order matcha greentea frappuccino blended. Hmmm segeeeeeeer~


Abis itu cuuusss naik MTR menuju ke Temple street night market. Dari Tsim sha tsui (red) tinggal naik yang tujuan Tsuen Wan. Turunnya bisa di Yau Ma Tei station (red - exit C), atau di Jordan (red - exit A) tinggal belok kanan ke Jordan Road, lalu belok kanan lagi langsung sampai deh! Kalau aku sih kemarin turun di Jordan, cuma 1 station doang kok. Oh iya untuk biaya MTR itu tergantung jarak, sama aja kayak di Spore. Tapi paling dekatnya kalo ga salah sekitar 4hkd.


In my opinion temple street night market biasa aja. Katanya ini pasar termurah, tapi kok begitu aku tawar hampir setengahnya ga dikasih tuh. Masa iya tas biasa banget, dia minta harga kalo dirupiahin sekitar idr 500k! Mendingan sekalian beli di Jakarta aja hahaha. Di tawar ga dikasih yaudah langsung cabut. Barang-barangnya juga biasa banget, nothing special. Semua ada kok di Tokopedia, harganya beda-beda tipis hahahaha. Setelah kelaperan akhirnya kita cari resto halal dan ini tuh ibarat lagi nyari jarum di tumpukan jerami. SUSAH~


Menu yang paling murahnya adalah chicken rice 55hkd, which is Rp. 82.5000,-


Ga seenak tampilannya. Sumpah! I need more salt and micin please~ LOL

Setelah seharian keliling akhirnya kita kembali ke penginapan. Tapi ada kejadian menjijikan plus menggelikan. Di Hong Kong itu jauh beda banget sama Singapore. Selama di Singapore aku tuh cukup bawa botol kosong dan setiap lagi jalan-jalan gampang banget nemu refill air. Tapi di HK? Nihil~

TRUE STORY:
Yang menjijikan adalah saat temen aku mau beli air minum yang di obral di pinggir jalan deket temple street, nah disitu tertulis 10hkd for 3. Nah temenku iseng minta 10hkd for 4! Trus si ngkoh yang jualan ngasih tuh. Karena aku tau murah, jadi aku ikutan beli. Trus si ngkohnya minta duitnya dulu. Abis aku kasih 20hkd, dia tiba-tiba bilang "6 only, no 8" F*CK! Abis dia ambil uangku, dia balikin ke harga aslinya, 10hkd cuma dapet 3, dan kita dikasih plastik bolong. Dia ga mau kasih plastik bagus! YA AMPUN PLASTIK DOANG COY! Abis aku lempar plastik bolongnya, trus aku ambil paksa plastik bagus, aku tereakin aja "SETAN LOOO~" ya ALLAH, ngkoh-ngkoh Glodok jauh lebih ramah dari ngkoh-ngkoh Hong Kong!

Usahain kemana-mana bawa tas kanvas yang bisa dilipet atau bawa plastik untuk jaga-jaga kalau mau beli sesuatu. Di sana plastik itu wajib bayar! 50 cent for 1 plastic.

Sekian cerita hari ini, klik disini untuk the next day~

With love, 

8 comments:

  1. kayaknya di indo kalo beli tumbler sbux jg dapet minum ri.. tp minumnya ditaroh di dalem tumbler barunya itu.
    gile itu engko2 malesin abis -_- tp jadi seru ceritanya hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya aku pernah nemenin temenku beli tumbler sbux, lumayan juga tuh hehehe. Ih banget! Nyebelinnya banget2an, kayaknya itu engko2 banyak disumpahin orang deh hahaha.

      Delete
  2. Asik ihhh, kapan ya terakhir liburan :'
    Eh tapi mamahmu cantiks ri wkwkwk #salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini kalo orangnya tau pasti geer nih hahaha. Thanks for reading dear :*

      Delete
  3. Ri, kamu ke Hongkong ikut tour ya? Harganya brp untuk per kepala? berapa lama?

    aloha-bebe.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Be, per-kepala kena 5,9jt bisa cicil 4kali. Untuk detailnya kamu bisa buka link ini nih untuk paketnya: Sweet Escape to Hongkong - Macau

      Delete
  4. Wah wah wah,,baru baca blog kamu yang ini ri, taun depan aku mau ke hongkong rencana hihih,,bermanfaat banget nih :)
    tapi parah banget ya hongkong, ternyata emank masih kerenan sing kemana-mana >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah jangan lupa oleh-oleh ya hahaha. Siapin uang yang banyaaaaaaak disana bakalan khilaf hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Template Design by Studio Mommy (© Copyright 2015)