Cegah Penyakit Keturunan Diabetes Melitus

Thursday, February 18, 2016

Mungkin postingan ini agak berbeda dari postinganku biasanya. Kenapa? Karena aku akan cerita sedikit tentang penyakit keturunan di keluargaku dan sekarang lagi sering-seringnya di bahas sama orangtuaku, yaitu Diabetes Melitus.

Cegah Penyakit Keturunan Diabetes Melitus

Kata temen aku, yang kebetulan dokter juga, dia bilang banyak banget pasien yang gak sadar kalau dia mengidap diabetes. Dan seharusnya setiap orang memeriksakan diri masing-masing ke dokter setidaknya satu kali dalam setahun. 

Nenek aku dan Eyang kakung aku itu mengidap diabetes. Sedih kalau inget mereka, dan bahkan nenek aku harus diamputasi kakinya hanya karena gigitan nyamuk aja! Jadi awalnya nenek aku belum tau kalau mengidap diabetes. Terus pas ada gigitan nyamuk reflek digaruk, terus malah jadi lecet dan infeksi. Sudah diobati tapi gak ngaruh apa-apa, bahkan bukannya sembuh malah lukanya jadi melebar dan akhirnya satu kaki infeksi berat dan pilihannya cuma 2: mau diamputasi atau menyebar ke bagian lain.

Sebelum terlambat, kita harus sadar dengan tanda-tanda terkena diabetes, seperti gampang capek, pandangan yang mulai kabur, dan luka yang gak sembuh-sembuh. Diabetes bukanlah penyakit ringan, that’s why kita harus mencegahnya sedini mungkin. Apalagi jika kamu punya faktor keturunan penyakit diabetes ini.

Ada banyak penyebab penyakit ini dan harus dicegah dari sedini mungkin:

1. Obesitas
Selain faktor genetik, etnis dan usia, kelebihan berat badan adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan resiko penyakit ini. Jadi, mulailah hidup sehat!

2. Konsumsi gula berlebih
Kalau kamu memang suka manis, aku saranin mulai sekarang kurang-kurangin aja deh mengonsumsi gula. 

3. Makanan
Untuk mencegah diabetes, mulailah untuk mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dengan porsi yang cukup.

4. Kurangi makanan manis seperti permen atau cokelat
Gak cuma penderita diabetes aja yang harus mengurangi makanan manis, kita-kita yang sehat ini juga harus mengurangi makanan manis. Bukan tidak boleh loh ya, boleh! Tapi harus dalam porsi yang pas dan tidak berlebihan.

Intinya kita semua harus mulai menerapkan gaya hidup sehat. Olahraga secara rutin, makan makanan yang sehat akan membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Eh eh eh satu lagi yang terpenting… *jangan lupa berdoa* (sambil bisik-bisik tetangga) hahaha.

ririeprams beauty blogger indonesia logo
facebook  |  twitter  |  instagram  |  pinterest
ask me on ask.fm/ririeprams

1 comment:

  1. Mamaku sendiri diabetes, dan karna dia aku jadi belajar untuk lebih bijak lagi mengontrol makanan yang masuk.
    btw thanks for sharing ya :')


    http://bit.ly/24jo41T

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Template Design by Studio Mommy (© Copyright 2015)