Tips Merawat dan Membersihkan Softlens

Sunday, June 05, 2016

Siapa diantara kalian yang suka atau sering banget pakai softlens? Kalau aku biasanya menggunakan softlens hanya di saat-saat tertentu aja, misalnya mau ada event yang mengharuskan dandan dan otomatis menuntut penampilan tanpa kacamata, nah baru deh aku pakai softlens. Saking cintanya sama softlens beberapa temen aku ada loh yang hampir setiap hari menggunakan softlens, bahkan ada juga yang sampai dibawa tidur, ckckck! Kalau kamu gimana?

Tips Merawat dan Membersihkan Softlens, mencegah iritasi mata karena lensa kontak

Aku setuju banget, kalau ada yang bilang dengan menggunakan softlens bisa membuat riasan mata kita jadi lebih cantik. Namun sayangnya, mau cantik itu gak selalu semudah yang kita bayangkan! Setelah postingan cerita iritasi mata karena softlens aku ramai, gak jarang sampai detik ini aku masih dapat banyak pertanyaan seperti ini; "Rie, aku suka pake softlens. Awal-awal sih biasa aja, tapi kok sekarang merah ya? Itu kenapa ya?"

Pertanyaan semacam itu sering banget dilontarkan ke aku via LINE@, comment blog bahkan sampai email. Aku gak pernah ngerasa keganggu kok, bahkan malah jadi seneng karena postingan aku bisa bermanfaat buat semuanya hihihi. Dan sekarang aku mau kasih tahu beberapa penyebabnya dan tips untuk mengatasinya.

Tips Merawat dan Membersihkan Softlens, mencegah iritasi mata karena lensa kontak
minggu lalu mata aku iritasi lagi karena softlens

Mata merah karena iritasi softlens itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa aja gak cocok dengan brand softlens itu. Setiap softlens pasti memiliki kadar air dan ketebalan yang berbeda-beda. Otomatis kalau gak sesuai dengan kondisi mata kita, bisa menyebabkan iritasi.

Gak cuma itu aja! Mungkin bisa juga dari ukuran minus atau silinder mata kamu. Kalau ukurannya gak sesuai, otomatis bisa membuat mata kita bekerja lebih maksimal dibanding biasanya dan menyebabkan iritasi. Memang sih hingga detik ini belum ada softlens untuk mata silinder. Kalau aku sih mengatasinya dengan menggunakan ukuran silinder mata aja. Misalkan ukurannya -0.5 dengan silinder 0.75, ya aku pakai softlensnya untuk -0.75.

Eh iya, saat membuka kemasan softlens JANGAN PERNAH LUPA untuk check tanggal expirednya. Bisa jadi iritasi mata kamu disebabkan oleh masa expired softlens yang sudah lewat beberapa tahun yang lalu *OMG* *amit-amit jabang baby*

Ukuran diameter softlens juga bisa jadi penyebab utama iritasi mata loh! Jangan mentang-mentang punya mata sipit kamu asal sembarang pakai softlens dengan diamete sampai 22mm. BIG NO! Ukuran 14mm juga bisa bikin mata kita terlihat lebih besar dan bulat kok, tinggal diakali pemilihan warnanya saja. Usahakan untuk menggunakan warna softlens yang gelap agar tampilan mata kita terlihat lebih besar, walaupun menggunakan diameter softlens yang normal. 

"Awal menggunakan softlens dari brand X aku gak pernah iritasi, tapi kok sekarang mataku merah terus ya? Itu kenapa?" Mungkin aja kamu kurang memperhatikan untuk cara merawat dan membersihkan softlensnya. 

Coba kamu bayangin deh, softlens itu kan digunakan di area mata yang notabene SANGAT SENSITIF! Kalau softlensnya gak bersih, terus gimana dengan mata kita? Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? That's why, aku mau kasih tau beberapa tips untuk merawat dan membersihkan softlens.

Tips Merawat dan Membersihkan Softlens, mencegah iritasi mata karena lensa kontak

Cek Tanggal Kadaluarsa
Saat membeli softlens, coba dipastikan terlebih dahulu masa atau jangka waktu kadaluarsa dari softlens tersebut. Biasanya sih hanya berupa kepastian "1 bulan atau 6 bulan setelah segel kemasan dibuka". Setelah itu jangan lupa untuk menandai di tempat penyimpanan softlensnya supaya nggak ketukar.

Kalau saran aku sih lebih baik untuk menggunakan softlens dengan jangka waktu kadaluarsa yang pendek saja. Misalnya hanya untuk 3 month of used atau monthly, atau lebih bagus lagi yang daily use. Jadi habis pakai langsung buang, karena lebih higienis hehe.

Pastikan Tangan Selalu Dalam Keadaan Bersih
Sebelum memegang lensa kontak, pastikan tangan kita sudah dalam keadaan bersih dan steril. Kalau kita memegang softlens dalam keadaan kotor, bakteri dan kuman-kuman jahat yang ada pada jari kita akan langsung menempel dan berpindah ke permukaan lensa kontak kita. Duh, jangan sampe deh!

Bersihkan Softlens dengan Cairan Pembersih
Softlens yang sudah dipakai seharian pastinya menyerap dan mengandung banyak kotoran di bagian permukaannya. That's why we need to clean out contact lense dengan menggunakan cairan khusus pembersih softlens. Banyak kok yang jual di apotek ataupun Guardian dengan harga-harga terjangkau.

Tips Merawat dan Membersihkan Softlens, mencegah iritasi mata karena lensa kontak

Membersihkan softlens harus sangat berhati-hati, jangan terlalu kencang karena bisa merobek permukaan softlensnya dan jangan terlalu lembut juga, nanti gak bersih-bersih hahahaha. Ribet ya? hahaha. Oh iya, biar lebih gampang, cek aja video tutorial cara membersihkan softlens agar terhindar dari iritasi mata di bawah ini:



Selain itu, biasanya aku juga selalu mengganti cairan softlens yang terdapat di dalam wadah softlens setiap habis digunakan. Dan kalau softlens lagi gak digunakan, biasanya aku ganti airnya minimal seminggu sekali.

Tips Merawat dan Membersihkan Softlens, mencegah iritasi mata karena lensa kontak

Menggunakan softlens memang bisa meningkatkan kepercayaan diri kita, namun tentu saja kesehatan kita yang paling penting! Jadi, sudah tahu kan sekarang apa yang harus kita lakukan kalau mau jadi loyal user contact lenses?

See you soon on my next post~

ririeprams beauty blogger indonesia logo
facebook  |  twitter  |  instagram  |  pinterest
ask me on ask.fm/ririeprams

7 comments:

  1. thankyou for the tips kak ririe, bermanfaat banget ^^ btw softlens favorit kak ririe apa sekarang?
    <3
    Jessica Alicia's Beauty Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jes, belakangan ini aku lagi suka banget pakai holicat. Kayaknya ini doang yg cocok di mata aku hehe

      Delete
  2. iritasi paling parah yang pernah kejadian kayak apa kak rie ?

    www.gold-mirror.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Aku sekarang sudah nggak boleh keseringan pakai softlens, karena sudah pernah 3x operasi. Mau yang murah atau mahal udah nggak tahan banget lama-lama.

    ReplyDelete
  4. Makasi tipsnya Rie.. Aku jarang banget pake softlens. Sama kayak kamu.. pake softlens kalo pergi ke acara doang.hehehe

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
  5. Makasi tipsnya Rie.. Aku jarang banget pake softlens. Sama kayak kamu.. pake softlens kalo pergi ke acara doang.hehehe

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
  6. Hahaha bener banget pake softlens bisa meningkatkan percaya diri, kalo pake softlens yg salah jg bisa menurunkan pede :'D

    Oh Dear Bumblebees

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Template Design by Studio Mommy (© Copyright 2015)