Persiapan Pernikahan Vol.2 : Review Catering dan Budget

Thursday, July 14, 2016

Sebelumnya kalian udah pada baca tulisanku tentang Persiapan Pernikahan Vol.1 kan? Tentang gimana aku bisa jadian, terus lanjut tunangan sampe akhirnya memutuskan untuk langsung menentukan tanggal pernikahan.

Persiapan Pernikahan Vol.2 : Review Catering dan Budget

Kemarin banyak yang langsung request budget. Well guys pada dasarnya hal awal yang harus kalian tentukan agar tau harus mempersiapkan berapa budgetnya adalah mau pake adat atau international? Mau di gedung, di rumah atau outdoor? Buat kalian yang lagi mempersiapkan pernikahan, simak terus ya sampe abis jangan bosan! hahaha.

Aku sama mantan pacar alias suami sudah bertekad bulat dari awal mau pakai riasannya doang yang adat Jawa Tengah, tapi bajunya kebaya dan beskap aja. Gak mau pake baju jawa yang hitam emas itu, apalagi dodotan. Untuk tema warna pernikahan aku yang request dari awal, maunya warna peach pastel aja! hahaha.

Bodo amat deh sama suara-suara gak enak didenger. Biasanya emak-emak atau orang lawas suka komen "Kok tema nikahannya pastel sih? Kenapa gak gold? Merah? Silver? Pucet tauk! Pengantin itu harus charming, ini kok malah milih warna yang pucet". Dan saat itu pula dengan gesitnya aku lempar pertanyaan "EMANG SITU IKUTAN BIAYAIN? Kalo nggak, duduk anteng aja deh. Yang nikah kan aku. Pengantinnya aja santai, malah situ yang ribet."

Setelah itu gimana? Abis itu mereka diem aja gak berani komen! Percaya lah guys, saat kalian mau nikah cukup diskusi dengan pasangan aja. Atau kalo mau libatin orang tua kalian berdua aja, GAK LEBIH DARI ITU! Banyak suara-suara bising malah bisa bikin pernikahan idaman kalian jadi berantakan.

Persiapan Pernikahan Vol.2 : Review Catering dan Budget

Yak lanjut! Lalu untuk gedung sendiri, aku memilih di Rimbawan 1 Manggala Wanabhakti karena lokasinya strategis (sebrang stasiun kereta, daerah tengah dekat Senayan dan parkirannya luas banget). Pasti pada mau nanya kan? Mahal gak? MURAH! Kok bisa murah? Soalnya papiku kerja di sana hehehe. Jadi untuk gedung sih aku saranin, cari yang emang sodaranya atau orang tuanya kerja di gedung itu aja. Soalnya pasti akan jauh lebih murah dari harga normalnya. Biasanya ada diskon untuk pegawai kantor dari gedung tersebut.

Aku bisikin sedikit ya, sewa gedung di Manggala itu belasan juta. Tapi karena papiku kerja di sana jadi ada sedikit potongan dan bayarnya hanya jutaan rupiah aja. Untuk ukuran gedung yang lokasinya strategis pokoknya ini murah banget deh.

Persiapan Pernikahan Vol.2 : Review Catering dan Budget

Aku gak ambil ruangan yang paling besar ataupun paling kecil. Aku ambil ruang Rimbawan 1 sampai ke outdoornya dengan kapasitas 1000 orang.

Sumpah! Booking gedung itu yang paling dan harus banget diutamakan saat kalian ingin nikah di kota Jakarta. Aku sih booking gedungnya udah dari 10 bulan sebelumnya dan alhamdulillah masih kosong. Papiku langsung bayar gedungnya full, biar gak diambil orang lain hahaha.

Jadi buat yang kalian yang lagi rencanain pernikahan, hal pertama yang harus kalian lakukan setelah penentuan tanggal pernikahan adalah BURUAN BOOKING GEDUNG! Daripada harus ubah tanggal gara-gara gak dapet gedung yang kalian mau? Ya kan!

Nah setelah booking gedung beres, aku langsung dapet booklist catering rekanan dari gedung Manggala. Yang di maksud rekanan ini adalah, kalau kita mau pakai jasa catering yang sudah semacam kayak official partner dari si empunya gedung, kita gak akan kena cas lagi. Bukan gak boleh pakai jasa catering dari luar, boleh-boleh aja, tapi kena casnya itu kadang suka gak masuk akal harganya.

Banyak teman-teman aku yang milih untuk ambil vendor sendiri-sendiri aja dan gak mau paketan. Jadi untuk catering, decor, baju & rias pengantin itu bener-bener diurus sendiri. Sah-sah aja sih! Tapi percayalah yang kayak gitu malah ribet dan ngabisin waktu kita buat kroscek vendor satu persatu.

Bedanya sama paket apa? Kalau paket, kita hanya berhubungan sama 1 orang aja. Misal aku ambil paketan dari cateringnya, jadi untuk rias & baju pengantin, decor dan tetek-bengeknya udah diurus sama 1 orang PIC yg handle kita dari jasa catering tersebut.

Kalau aku sih dari awal udah pastiin mau ambil paketan dari cateringnya aja. Jadi kalo udah sreg sama salah satu catering, langsung ambil paketan dari cateringnya aja biar gak ribet. Biar gak banyak beban pikiran hahaha.

Ada 2 catering yang sempet aku ajak meeting di awal dan dua-duanya dari level atau kasta yang berbeda huahahahha *jahat* tapi beneran! Pokoknya baca terus ya.

Permata Catering
Aku dapet rekomendasi catering ini dari nikahan tetanggaku. Harganya murah kalau dibandingin sama catering lainnya. Paket lengkap itu harganya di bawah 100 jutaan. Hanya 90 juta deh kalo gak salah buat 750pax, udah termasuk decor, foto, rias & baju dan perintilan lainnya.

Waktu itu sih nikahan tetanggaku di Masjid Pondok Indah, makanannya enak-enak apalagi mie jawanya. Tapi sayangnya hampir semua makanan terasa dingin dan udah gak panas lagi. Alasannya waktu itu karena ruangannya yang dingin.

That's why from the first time aku ketemuan sama salesnya, aku udah kasih kritik duluan. Abis itu dia kasih contoh-contoh foto decornya dan sanggar baju sekaligus rias untuk nikahnya. Kebetulan sanggarnya itu deket banget dari lokasi tempat aku meeting. Jadi aku langsung diajak mampir buat lihat-lihat baju dan contoh rias makeupnya.

Jujur pas aku lihat-lihat semua bajunya, nggak ada yang cocok di hati. Warnanya tua-tua dan bikin aku kayak mbak-mbak Jawa hahaha. Please deh aku udah Jawir gini, masa iya tega dibikin makin Jawir ala mbak-mbak mau ke sawah? Akhirnya mereka nawarin untuk bikin baju "perdana" dimana kita boleh pilih warna, bahan dan ngedesain sesuai dengan kemauan kita, tapi dikenakan cas lagi kalau nggak salah 2jutaan deh.

Setelah selesai meeting pertama, salesnya janjiin food test di lokasi pernikahan yang mereka handle. Udah lewat 2 minggu, salesnya nggak ngabarin aku lagi. Aku telpon-telpon gak diangkat, aku chat gak di bales. Akhirnya setelah sebulan dari meeting terakhir dia ngabarin aku katanya SIBUK BANGET! Oke mungkin lagi musim kawin.

Akhirnya aku minta pricelistnya di luar harga cas gedung, jadi semacam harga rekanan gitu deh. Karena untuk urusan gedungnya, segala biasa cas dan lain-lain akan diurus sama papiku langsung ke pengelola gedung.

Hampir seminggu lebih pricelist gak dikirim-kirim dan katanya yang punya bingung. Pengen ketemu sama pengelola gedungnya langsung, biar bisa ngobrol dan minta tolong buat dijadikan rekanan aja sekalian. WEY WEY WEY! Ini waktunya udah kebuang hampir 2 bulan aku digantungin, dan dia malah mau memperluas bisnisnya sendiri.

Akhirnya pas salesnya hubungin aku lagi, SEKITAR 2 MINGGU SETELAHNYA dengan alasan SIBUK LAGI, aku memutuskan to the point untuk nggak jadi pakai jasa catering ini, karena servisnya BURUK!

Sekian review aku untuk Permata Catering. Sekarang aku ngerti kenapa mereka murah banget as a vendor buat ngadain acara nikahan di gedung!

Sawargi Catering Services
Beda banget dari Permata, salesnya Sawargi ini yang berusaha berkali-kali hubungin papiku ngajakin ketemuan di Manggala dan kalau perlu sekalian aja foodtest. Emang sih dari segi harga jauh berbeda banget sama Permata. Tapi ternyata servisnya juga beda.

Konon katanya Sawargi Catering Service ini masuk ke 5 besar best catering service Jakarta. Dan kata temenku, dia pas nikahan pake kakaknya si Sawargi yaitu Puspita Sawargi, karena udah lebih lama dan lebih eksis jadi susah negonya. Harga lebih mahal dari Sawargi, gak bisa kasih diskon banyak-banyak. Katanya doang sih, aku kurang tau kebenarannya gimana hahaha.

Aku sempet foodtest 3 kali, dan di tiga tempat berbeda ini rasa makanannya selalu stabil. Decornya pun selalu wah! Bunga-bunganya seger, keliatan agak mewah deh pokoknya.

Sales yang handle aku namanya Mbak Wiwik. Ya ampun 24 jam siap aku gangguin dan selalu langsung jawab chat aku. Padahal aku tahu klien si Mbak Wiwik ini banyak banget.

Pokoknya dari pertama kali ketemu mbak Wiwik, aku udah langsung sreg deh! Karena orangnya kelihatan bertanggung jawab dan dari pricelist yang dikasih pokoknya aku nego sadis banget buat dapet diskon dan akhirnya di kasih hahaha.

Akhirnya setelah foodtest pertama aku langsung DP, dan DPnya ini bisa dicicil 3 kali bahkan. Tapi karena waktu itu persiapanku hanya tinggal 6bulan lagi, jadi setelah kupikir-pikir lebih baik aku bayar DP full aja. Sisa pembayarannya yang dicicil 4 kali sampai maksimal 1 bulan sebelum acara pernikahan.

Tahu gak sih? Untuk dapetin harga yang aku mau, aku bener-bener nego SADIS sampai dapet diskon belasan hampir puluhan juta rupiah waktu itu. Aku gak mau pake photobooth karena jaman sekarang orang-orang lebih suka nyimpen foto di hp daripada dicetak, trus untuk photographer dan cameraman juga aku pakai punya suami aja biar murah.

Oh iya sebelum kalian menentukan mau pakai jasa catering yang mana, ada baiknya cari-cari review dulu secara online dari blog-blog orang atau langsung ke web weddingku atau bridestory. Dulu aku juga gitu kok. Aktif cari info sana-sini sebelum akhirnya memutuskan pakai Sawargi Catering Services.

Semoga postingan ini gak kepanjangan ya buahaha. Oh iya, kira-kira untuk postingan berikutnya mau bahas apanya lagi nih? Rias & baju? Seserahan atau apa? Any idea? Langsung comment aja di bawah ya.

ririeprams beauty blogger indonesia logo
facebook  |  twitter  |  instagram  |  pinterest
ask me on ask.fm/ririeprams

19 comments:

  1. Ka Rieee aku super sedih gabisa dateng weddingnya, lucu bgt sweetlikeapeach sekali ♥ Aku minta tips gimana nemuin pasangan yang tepat aja deh ka wkwk. Sekali lagi congratulations dan ayo ketemu! Kadomu masih menunggu diambil nih :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengen banget ketemu kamu, kangen! Tapi aku lg penyakitan mulu nih. Nanti ya kalo udah agak segeran kita ketemuan.

      HAHAHAHA cara nemuin pasangan yang tepat? Nanti kalo udah nikah baru tau dia tepat apa nggak *jawaban yang nggak membantu sama sekali* hahahaha

      Delete
  2. Ririe, terima kasih banget ya reviewnya. Aku kemarin juga ke Permata dan kaget (tapi seneng juga sih hihihi) pas lihat harganya yang bersahabat.

    Baca beberapa review di internet juga bagus-bagus. Eh kaget denger cerita dari sepupuku yang punya wo katanya servicenya kurang bagus dan makanannya dingin (pas banget sama ceritamu).

    Terima kasih ya informasinya. Jadi ada masukan dan review baru lagi.

    Ditunggu review lainnya yaaa. Membantu banget nihhh :) Ps: kalo bisa ttg makeup, pakaian, dan seserahan dehh (eh itu mah semuanya hahaha).

    Mungkin bisa share step-step persiapan pernikahan jadi membantu para capeng yang lagi jadi bridezilla hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lia, lagi persiapan juga kah? Kalo mau sharing atau cerita-cerita boleh loh line ke aku via LINE@ @ririeprams (pake @)

      aku ngerti banget deh rasanya jadi calon penganten yang banyak beban pikiran hahaha.

      Boleh! Next aku bahas vendor rias dan baju pengantin plus seserahannya ya. Honeymoon sekalian gak? HUAHAHAHHAHA. Sukses ya persiapannya! Semoga lancar sampe hari H :*

      Delete
  3. Nais inpo riii...

    Pusing yeee bwoook ngurusin kawinan. DUh ahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catraaaa ya ampun bukan pusing lagi, ampe sakit leher mulu tiap hari hahaha. Tapi kalo pusing dan banyak pikiran malah bagus sih bisa bikin kurus buahahahhaa

      Delete
  4. Riri.. benen banget ya.. Pasti bising banget dnegerin omongan orang lain. Oke, aku bakal jawab kayak kamu Ri! Biar mingkem mulutnya.hahaha..

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gapapa Be gituin aja! Biar kita gak denger omongan-omongan gak enak lagi, jadi gak gampang pikiran. By the way, kamu lg nyiapin nikahan? OMG <3

      Delete
  5. Lagi setress2 nya nyiapin untuk september nanti, sampe aku curhat di blog aku hahaha...
    Omg..lebih ribet drpd ngurus wisuda..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat! Emang!!! Nikmatin aja, stresnya bisa bikin berat badan susut kok, setidaknya ada sisi positifnya hahahah

      Delete
  6. Semangat Ririe, jangan sampe sakit ya. Ribet banget ya kayaknya, itu vendor catering yeng pertama kok begitu sih ya, untung dapat yang lain yg jauh lebih baik :) Moga lancar semua urusannya ya :)

    www.misskarlina.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Karlina, alhamdulillah acaraku sudah berjalan lancar 10 April 2016 lalu kok hehe.

      Iya, akhirnya kau nyerah sama Permata dan beralih ke SCS aja

      Delete
  7. Ririe..salam kenal^^
    aku salah satu silent reader a.k.a fans kamu..hehe
    seneng banget nih kalo ada postingan tentang persiapan nikah gini, soalnya aku juga lagi masa2 riwueh persiapan jadi bridezilla (masi mau lamaran tepatnya :D)
    kayaknya yg masalah 'jangan dengerin omongan orang lain' itu bener banget..harus dicatat nih..
    Next posting tentang seserahan dong ri..
    Thanks before^^

    ReplyDelete
  8. Rieeeee SETUJU, emang situ ikutan bayar, komplen - komplen maunya penganten hahahhahahahha. TOS! Btw, review makeup, bajuuuu, kainnn, arghhhhh gw dah kena dampak kegalauan capeng, mosok gw ampe beli 5 bahan untuk 2 total baju yg akan dipake. Ahhhh pemborosan sangattt hahahahhaha

    ReplyDelete
  9. wahh,,banyak ya persiapan pernikahan, harus nabung dulu berarti. hehe

    ReplyDelete
  10. Happy wedding kak!
    anw aku new user, mampir2 ya ke blog ku :)

    Vania Clarissa
    vaniaclarissa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. Yah lagi asik baca taunya abis T_T next bahas soal seserahan dong ri, biar ada bayangan hehe :D

    ReplyDelete
  12. Hai, boleh minta kontaknya sawargi catering yang kemarin dipakai jasanya utk pernikahan mbak?
    bener bisa di nego harganya ya? soalnya yg puspita sawargi harganya mahal banget, yah walopun kualitasnya juga bagus banget sih. heheh

    makasih..

    ReplyDelete
  13. Hai kak! Makasih udah review yah! Alhamdulilah tadinya mau pake permata. Heuheu boleh ga minta PL dari scs dan kontaknya? Ke manochwidya@gmail.com? Terima kasih yaa :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Template Design by Studio Mommy (© Copyright 2015)