Insomnia oh Insomnia

Wednesday, November 30, 2016

Memasuki minggu 30 entah mengapa aku sering banget mengalami insomnia atau kesulitan tidur. Tidurnya jadi lebih cepet sih, sekitar jam 8 atau jam 9 selalu udah ngantuk dan langsung tidur. Tapi sekitar jam 12 malam sampai jam 2 suka tiba-tiba kebangun, kebelet buang air kecil dan gak bisa tidur lagi bisa sampai jam 4 subuh.

Insomnia atau susah tidur saat hamil 7 bulan

Mana besoknya harus ngantor dan berangkat jam 6:30. Alhasil pas di kantor, sering kayak orang oon. Diem, ngelamun trus pas jam makan siang suka colongan tidur beberapa menit biar seger lagi. Ada yang pernah mengalami hal yang sama kayak aku?


Setelah aku baca-baca artikel atau blogpost tentang kehamilan, sekitar 78% bumil emang pastinya pernah mengalami kesulitan tidur. Bukan karena apa-apa, tapi karena perubahan hormon yang jadi penyebab utamanya.

Meningkatnya progesteron yang bikin bumil lebih sering ngatuk di siang hari (terutama di trimester pertama) ketimbang di malam hari. Lah malah jadi kayak kelelawar ya hahaha.

Kadang kalau kenaikan berat badan selama hamil cukup signifikan, juga bisa jadi penyebab utama insomnia loh!

Hati-hati, kurang tidur saat hamil bisa beresiko terjadinya preeklampsia *amit-amit jabang bayi*. Preeklampsia itu adalah suatu kondisi dimana tekanan darah jadi meningkat karena kurang tidur.

Cara mengatasi insomnia saat hamil:

  • Gunakan bantal hamil. Dari kehamilan trimester awal, suamiku udah beliin aku bantal hamil yang berbentuk U. Itu lumayan membantu loh! Tidur jadi nyaman dan mengurangi sakit pinggang.
  • Perhatikan posisi tidur. Wah kalau posisi tidur salah, bisa-bisa badan jadi gak karuan rasanya! Coba deh untuk tidur miring dengan menekuk lutut, usahakan juga selalu menghadap kiri supaya peredaran darah jadi lebih lancar.
  • Coba relaksasi! Supaya lebih rileks coba deh praktekan relaksasi seperti teknik peregangan, pernapasan atau yoga yang disertai mandi air hangat sebelum tidur. Katanya sih teknik ini bisa mencegah kram dan bikin tidur jadi lebih pulas.
Sesungguhnya saat aku menulis artikel ini, aku baru tau juga tentang relaksasi itu. Sepertinya akan aku coba nanti malam untuk doing 5 minutes yoga dengan tutorial dari youtube aja hahaha. Terus abis itu mandi air hangat deh.

Semoga info ini berguna ya buat kalian calon bu ibu muda yang galau karena jam tidur berkurang. Eh iya ngomong-ngomong ada yang punya tips lain gak? Supaya tidur jadi lebih pulas dan mengurangi insom? Jangan lupa share ke aku ya :)


ririeprams beauty blogger indonesia logo
ask me through LINE@ : @ririeprams (using @)

2 comments:

  1. ga ikut senam hamil Ririe? itu lumyan bisa ngurangi bdan supaya lebih rileks dan persiapan buat lahiran juga nanti... ^^ klo aku dlu bkn susah tidur tp sering bdan pegal2... iya emg hamil tua itu tidurnya udah pasti ga nyaman bnget... >.< tp bayangkan yg indah2 aja krn ga lama lg ud bs ktmu sm baby yg lucu... :)

    glorychen.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru mulai sabtu ini, karena senam hamil di RS baru nerimanya sekitar 30 minggu ke atas hehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Template Design by Studio Mommy (© Copyright 2015)