MY BREASTFEEDING JOURNEY: Review Pompa Asi atau Breastpump

Wednesday, August 30, 2017

Being a working mom isn’t easy! Terkadang di kantor mikirin yang di rumah, lagi di rumah malah mikirin kantor, hadeuh! Setelah mulai menikmati proses breastfeeding dan bener-bener bisa nge-bonding sama baby, datanglah masa akhir cuti lahiran. Yak! Drama kembali dimulai. 

MY BREASTFEEDING JOURNEY: Review Pompa Asi atau Breastpump Medela

Eits, tapi drama kali ini lebih ada objective-nya hahaha. Mungkin lebih tepatnya drama kegalauan karena belum mengerti banget tentang metode ASI Perah (asip). Persiapan pertama tentunya ya emang harus punya breast pump. Kebetulan aku punya rekomendasi breast pump yang super duper membantu dan nggak ngeribetin working mom (like me) sama sekali.

Aku pernah coba 3 merk breastpump, tapi menurutku Medela Freestyle yang paling instan cara kerjanya. Pompa susu elektrik ini punya teknologi 2-phase expression yang memang serupa dengan hisapan bayi.

review dual breastpump medela freestyle

Ngomong-ngomong pasti pejuang asi, new mom dan bumil pasti udah gak asing lagi kan sama brand Medela? Brand yang fokus pada produk untuk support breastfeeding ini berasal dari Switzerland. Yup, semua produknya made in Switzerland dan pastinya melewati research based (clinical research). Hampir semua produk digunakan oleh Rumah Sakit di Amerika, Eropa dan Asia. Bahkan saat aku baru melahirkan pun, aku sempat dipinjamkan breastpump Medela dari RS PIK.

Kebiasaan aku saat ini itu, sekitar pukul 5am Raline selalu aku beri direct breastfeeding terlebih dahulu sebelum akhirnya aku berangkat ke kantor pukul 6am. Kemudian setelah sampai di kantor, sekitar pukul 8 -9 am pastinya aku langsung pumping. Saat menggunakan breastpump merk lain, aku butuh waktu sekitar 10-15menit untuk mengosongkan PD dan bisa dapat sekitar 210 - 240cc. Tapi dengan Medela freestyle, hanya butuh 5 menit udah langsung dapat 200cc. Gokil kan? Sangat mempersingkat waktu. (pernah aku share juga di ig story aku @ririeprams & re-share by @medela_id)

review dual breastpump medela freestyle

Medela freestyle ini model dual pump yang memudahkan untuk dibawa traveling sekalipun, karena baterainya model cas dan bisa tahan hingga 7 hari. Aaaak so happy!

Jujur saat memilih breastpump, pasti aku lebih utamakan yang dual pump. Karena saat kita memompa secara bersamaan (ganda), ada banyak manfaat yang didapatkan: 
  • Mempercepat waktu pompa dan lebih efektif dalam mengeluarkan ASI.
  • Jika memompa lebih dari 10menit, hasilnya pasti akan lebih banyak sekitar 18% dari hasil memompa tunggal.
  • Kandungan lemak saat memompa ganda akan lebih banyak yang didapat. (berdasarkan riset artikel medela)
  • Saat 1 PD dihisap, otomatis PD lainnya pun akan mengeluarkan ASI. Dan ASI tak akan terbuang percuma serta lebih mempercepat untuk pengosongan PD.

review dual breastpump medela freestyle

Saat membeli Medela Freestyle, kita akan menerima kelengkapan:
  • 1 unit alat/motor
  • 2 breastshield ukuran M
  • 2 konektor
  • 2 tutup botol dan 1 stand (untuk meletakkan botol)
  • 1 adaptor listrik dan 1 baterai isi ulang
  • 1 cooler bag komplit dan 1 tas freestyle

Terdapat 4 botol di dalam cooler bag dan tentunya BPA free, sehingga semua bagian yang bersentuhan dengan ASI dapat disterilkan dengan aman. So far, aku tidak ada masalah sama sekali dengan Medela Freestyle. Gak bikin lecet dan suaranya pun gak berisik!

Alat-alatnya pun lebih ringkes untuk dibawa ngantor ataupun bepergian. Gak terlalu banyak perintilan, jadi gak perlu bawa tas yang segede gaban! Cooler bag-nya pun mini size tapi muat banyak haha. Seneng banget lah pokoknya pakai breastpump ini.

review dual breastpump medela freestyle
Sesaat setelah direct breastfeeding (1 PD saja) aku langsung pumping 5menit untuk pengosongan PD dan dapat 130 ml

Menurut aku breastpump itu adalah investment pertama bagi para pejuang ASI khususnya working mom, karena akan menjadi faktor penentu untuk melengkapi kebutuhan ASIP si kecil.

Sepertinya sekian dulu artikelnya kali ini, kalau kepanjangan takut disangka curhat haha. Semoga membantu ya, buat kalian yang lagi galau untuk cari-cari pompa asi elektrik dengan dual pump.

Tapi balik lagi, pompa itu cocok-cocokan sih kayak jodoh aja! Saran aku, lebih baik coba untuk sewa dulu aja. Kalau dirasa sudah cocok, baru deh beli. Cari-cari info promo di e-commerce aja. Siapa tau ada promo cicilan 0% ye kaaan, mayan seees hahaha.

ririeprams beauty blogger indonesia logo
line@ official ririeprams

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Template Design by Studio Mommy (© Copyright 2015)