Barang-barang yang harus disiapkan di dalam koper saat akan melahirkan

Thursday, November 30, 2017

Jujur, ini salah satu hal yang seringkali dan paling banyak ditanyakan ke aku. Kira-kira bunyi pertanyaannya "Rie, apa aja sih barang yang harus disiapin dan dibawa saat lahiran?"

yang harus dibawa di dalam koper saat melahirkan

Pertanyaan itu juga yang aku lontarkan saat aku mau lahiran. Alhamdulillah aku menemukan salah satu artikel blog yang berguna buat aku saat aku mau lahiran 10 bulan yang lalu hehe. Setelah aku list satu per satu, ternyata ada beberapa yang gak perlu aku bawa untuk persalinan normal. So ya, kali ini aku akan share what's inside my hospital bag for labor. Simak sampai habis ya dan semoga berguna!

Oh ya sebelum aku lanjutkan, aku ingin mengingatkan bahwa lebih baik mempersiapkan barang perintilan ini di dalam koper, jauh-jauh hari sebelum HPL. Kenapa? Karena kita gak tau kan? Segala kemungkinan bisa aja terjadi tanpa prediksi dan tiba-tiba. Just in case, kontraksi datang tiba-tiba jauh sebelum HPL kita udah gak perlu panik, tinggal angkut itu perintilan sekoper dan bawa langsung ke RS hahaha.

Kalo aku pribadi, dari kandungan usia 7 bulan udah mulai nyicil untuk masukin perintilan ke dalam koper hehe. Aku mah anaknya gitu, kelewat excited sampe kadang terburu-buru haha.

FOR MOM:

  1. Daster atau Piyama : Pastiin daster atau piyamanya itu berkancing depan, minimal sampai seudel perut deh haha. Pengalaman aku pas lahiran kemarin cuma sebawah dada doang, alhasil buat nyusuin agak keganjel hahaha.
  2. Nursing bra : kalau untuk nursing bra aku percayain sama mooimom. Ada yang paketan juga kok, beli 3 harganya jadi lebih murah dan hemat. Aku bawa nursing bra sampe setengah lusin sendiri.
  3. Korset gurita : ini juga paling banyak ditanyain! Aku beli korsetnya di Tokopedia, murah meriah tapi NGARUH BANGET. Sumpah gak bohong! Ngaruh! Aku pakai selama 40 hari dan terbukti, walaupun perutku belum balik rata lagi, tapi setidaknya nggak goyor yang belipet gitu loh. Beli korsetnya di sini.
  4. Pembalut bersalin : aku sih selama stay di RS selalu dikasih pembalut bersalin, cuma untuk jaga-jaga aku bawa pembalut bersalin merk dacco yang ternyata kepake selama 40 hari haha. 
  5. Dry shampoo : karena aku lahirannya ambil package, jadinya aku stay di RS selama 3d 2n. Selama di RS gak tau kenapa males banget keramas. Mungkin karena aku gak bawa hairdryer kali ya. Tapi buat jaga-jaga aku bawa aja dry shampoo merk Batiste yang ternyata berguna banget haha.
  6. Toiletries : perintilan mandi mulai dari sabun, shampoo, odol, sikat gigi jangan lupa bawa haha. Bahkan kalau perlu bawa hair masy yang model sachet karena itu berguna banget!
  7. Handuk : bawa handuk sendiri untuk mandi itu penting! Setidaknya walaupun ada handuk yang disediakan oleh RS, handuk kita bisa digunakan untuk mengeringkan rambut saja hehe.
  8. Makeup : duh kalo untuk makeup aku hanya siapin pensil alis, sama lipstick aja. Gak mau ribet.
  9. Hair dryer : aku nyesel banget gak bawa hair dryer kecil, jadi bikin males keramas haha.
  10. Ikat rambut, jepitan, jedai, bando : ini berguna banget, biar rambut tertata rapi dan gak ganggu aktivitas kita yang lagi adaptasi dengan lingkungan baru sebagai NEW MOM!
  11. Lip balm : selama abis lahiran, bibirku keriiiing banget! Untungnya aku bawa Vaseline Petroleum Jelly, jadi lumayan berguna.
  12. Breastpump : Aku nyesel banget pas lahiran gak langsung sedia breast pump, malah nungguin hadiah dari temen-temen hiks. Karena Raline selama di RS bobonya di babies room, terpaksa aku harus mondar-mandir ke ruang menyusui. Kalau ada breastpump seharusnya lebih enak, karena baby bisa nyusu asi perah kita langsung dari botol dan kita bisa sedikit istirahat. Kalau masih awal-awal aku lebih suka pake manual dulu sih, Tommi Tippee salah satu manual breastpump yang menurut aku lumayan oke. Setelah cuti lahiran 3 bulan kelar, aku beli Spectra 9+ dual pump, itu ngaruh banget! Tiap 2 jam sekali pumping selama 10menit udah lumayan kosong dan awal-awal aku bisa langsung dapet 300 - 400 cc.
  13. Breast pad : aku baru tahu kalau asi itu bisa bikin baju kita basah hahaha. Sedialah selalu breast pad! Saat 1 payudara digunakan untuk menyusui baby, PD satunya lagi secara otomatis akan mengeluarkan asi juga. Jadi you will need to use breast pad. I prefer to use disposable breast pad sih, gak pake ribet cuci-jemur. Sehabis pakai langsung buang. Breast pad yang biasa aku pakai merknya Dacco, not the best but very useful.
  14. Nipple cream : wah ini sangat dibutuhkan! Percayalah kalau menyusui itu gak semudah teori haha. Nipple cream yang biasa aku pakai itu dari mothercare dan gak ribet. Jadi tinggal oles aja dan gak perlu dibersihkan, aman untuk baby hehe.
  15. Smartphone & charger : 2 hal ini kayaknya gak perlu diingetin lagi, pasti udah langsung siap setiap saat deh kayaknya.
  16. Kamera : karena aku anaknya senang motret, semuanya aku abadikan haha. Setiap hari, si baby selalu aku foto dan video, rasanya campur aduk liat baby yang baru aku lahirkan. Amazing!
  17. Dokumen penting : menurut aku, dokumen-dokumen penting seperti KK, ktp, buku nikah, kartu asuransi dan lain sebagainya, harus disiapkan di satu pouch kecil dari awal dan masukan langsung ke dalam koper supaya gak ketinggalan! Coba deh bayangin kalo panik dan gak ada persiapan? Duh nanti bolak balik rumah - rs - rumah - rs buang-buang waktu banget.

FOR BABY:

Perlengkapan yang aku bawa ini cukup membantu untuk beli perintilan baby pertama kali. Thanks to artikelnya kak Alodita yang bikin aku sadar untuk bikin postingan ini juga haha.

Aku sih tidak memisahkan barang-barang untuk baby aku, karena koper itu kan ada 2 sisi. 1 sisi aku gunakan untuk aku, sisi satunya untuk babyku.

Btw selama di RS sebenarnya babyku selalu menggunakan pakaian dari RS, jadi perintilan untuk baby yang aku bawa di dalam koper aku gunakan saat baby dan aku keluar dari RS.

  1. Baju baby : untuk newborn baby coba deh cari baju yang kancing depan semuanya. Jangan yang tanpa kancing karena bakalan sulit pakein ke babynya. Newborn baby itu masih ringkih banget, jadi baju dengan kancing depan sangat membantu. Usahakan membawa lengan panjang dan celana panjang, karena takut masuk angin hehe.
  2. Topi bayi : tau kan topi bayi yang bisa menutup sampai telinga? Nah ini sangat berguna untuk digunakan supaya si baby tetap hangat.
  3. Kain bedong : kain bedong jaman sekarang bisa dialihfungsikan sebagai selimut juga kok. Aku kemarin sedia 3 kain bedong dari mothercare, lucu banget warna pink! Dan ternyata memang berguna banget hihi.
  4. Selimut : kalau bisa cari selimut yang ada hoodie-nya untuk dibawa ke RS.
  5. Popok : kemarin aku membawa popok merk Pampers premium care tapped untuk newborn. Wah newborn baby itu boros sekali popok! Aku pilih untuk babyku agar menggunakan popok sekali pakai karena memang lebih higienis dan ringkes. Ya butuh perawatan ekstra sih but its okay, daripada harus berceceran kemana-mana kotorannya dan kedinginan.
  6. Diaper cream : kemarin aku gak bawa diaper cream namun disediakan dari RS merk mustela. Boleh dibilang merk mustela itu one of the best baby's skincare. Mahal tapi kece hehe.
  7. Handuk kecil : untuk jaga-jaga aja.
  8. Kapas basah : aku gak bawa sih, karena di kamar RS ada wastafel jadi bisa langsung membersihkan payudara sebelum/sesudah menyusui dengan handuk kecil juga. Tapi kalau kamu mau jaga-jaga coba deh bawa kapas basah (menggunakan air bersih yang sudah direbus) dan disimpan di dalam lock & lock ataupun wadah yang tertutup rapat dan steril.
  9. Baba sling baby carrier : ini hadiah dari teman sih tapi sangat berguna! Duh seneng deh gendongannya sangat membantu buat aku emak-emak baru hahaha. Raline juga nyaman banget di dalam gendongan. Tidur aja dia selama perjalanan pulang ke rumah.
Hadoh! Akhirnya beres juga aku nulis artikel ini. Udah nangkring di draft dari 3 bulan yang lalu tau gak sih hiks. Maaf ya aku telat ngepostnya. Tapi, misalkan kalian merasa ada beberapa hal yang kurang, let me know ya. Biar bisa aku update lagi artikelnya based on your suggestion. See you next time.

ririeprams beauty blogger indonesia logo
line@ official ririeprams

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Template Design by Studio Mommy (© Copyright 2015)